Visi:
“Berkarakter, Berprestasi, dan Berakhlak Mulia Berlandaskan Iman Dan Taqwa”
Misi:
- Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan membangun karakter melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di luar sekolah
- Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan prestasi peserta didik sesuai minat dan bakatnya melalui proses pendampingan dan kerja sama dengan orang tua.
- Mendorong dan membantu peserta didik untuk menggali potensi dirinya sehingga dapat berkembang secara optimal.
- Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
- Mengembangkan bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta didik.
- Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, kewirausahaan, dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
- Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler.
- Menjalin kerja sama yang harmonis antar warga sekolah, dan lembaga lain yang terkait.
Tujuan :
- Setiap tahun semua lulusan dapat melanjutkan ke SMP/Sederajat.
- Dapat berpartisipasi dan berprestasi dalam lomba atau kegiatan peserta didik yang dilaksanakan di tingkat kecamatan dan kabupaten (OSN, O2SN, Olahraga, Pramuka, UKS)
- Pelaksanaan pembelajaran berdaferensiasi sesuai tingkat kebutuhan dan karakteristik siswa.
- Pengembangan pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) kelas dengan berorientasi active learning serta pembelajaran yang berpusat pada anak.
- Peningkatan prestasi murid melalui program bimbingan belajar bidang studi pilihan dengan program remedial serta pembinaan anak berbakat dalam bidang studi maupun ekstrakurikuler
- Pelaksanaan sistem evaluasi pengajaran yang konfrehensif dari semua aspek yang dimiliki peserta didik baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
- Program motivasi murid melalui proses pemberian reward kelas maupun sekolah
- Meningkatkan profesionalisme melalui pendidikan dan pelatihan, KKG/KKKS, Workshop, seminar dan lain-lain
- Memiliki sarana dan prasarana yang memadai secara bertahap.
- Mengembangkan pembelajaran yang terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila secara umum untuk membentuk karakter peserta didik.