This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Study Tour ke Museum Brawijaya dan Jatim Park 2

jatim park 2

Rabu pagi, anak-anak sudah berkumpul di depan SD tercinta menunggu jam keberangkatan menuju lokasi wisata di Kota Batu. Ya, hari ini anak-anak kelas 6 punya agenda yang mereka tunggu-tunggu yaitu berlibur sambil belajar di dua tempat: Museum Brawijaya dan Jatim Park 2.

Tepat pukul 07.00, dua kendaraan beriringan menuju lokasi yang pertama yakni Museum Brawijaya. Lalu lintas padat Kota Malang tak mengurangi keceriaan yang terpancar di wajah anak-anak. Mereka tampak begitu bersemangat.

Akhirnya, kami sampai di Museum Brawijaya yang berada di Jalan Ijen, Kota Malang. Suasana masih cukup sepi ketika kami datang dan belum ada pengunjung lain. Kami sempatkan berfoto bersama untuk mengabadikan kegiatan ini.

museum brawijaya

Di dalam museum, anak-anak mulai mengamati benda-benda bersejarah yang digunakan oleh para pejuang terdahulu. Anak-anak mengidentifikasi tiap senjata, pakaian, maupun dokumen-dokumen penting. Mereka lalu membuat catatan dalam selembar kertas berwarna kuning yang disiapkan sebelumnya.

belajar di museum

Puas menjelajah isi museum, kami bergegas untuk melanjutkan perjalanan ke Kota Batu. Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam. Dan pada pukul 09.30, Hotel Inn yang cukup indah itu telah berada di depan mata kami.

Sebelum masuk Batu Secret Zoo, kami putuskan untuk makan siang terlebih dulu untuk jaga-jaga agar tidak kelaparan di dalam. Juga untuk meminimalisir beli makan di dalam karena harganya pasti mahal-mahal, hehe.

museum satwa

Begitu masuk Batu Secret Zoo, mata akan langsung dimanjakan oleh deretan hewan-hewan yang belum pernah dilihat anak-anak sebelumnya. Ini adalah kesempatan mereka untuk mempelajari hewan-hewan liar tersebut. Sesuai tujuan kami: BERLIBUR SAMBIL BELAJAR, maka anak-anak mulai mengidentifikasi nama hewan beserta nama latinnya lantas dimasukkan lembar catatan berwarna kuning.

batu secret zoo

Koleksi hewan di tempat ini cukup lengkap, mulai dari reptil, serangga, burung, pisces (ikan) hingga ragam hewan buas benar-benar membuat kami kagum.

Puas dengan ragam hewan, anak-anak menikmati wahana permainan yang tepat berada di tengah-tengah area Jatim Park 2. Roller coaster, tsunami, jelajah 5 benua, farm land dan lain-lain dicoba. Ada yang berani ada yang tidak. Dan yang paling fenomenal rumah sakit hantu. Entah kenapa anak-anak paling penasaran dengan wahana itu. Entahlah.

Usai berenang dan melaksanakan Shalat Dhuhur, kami putuskan untuk keluar. Hari sebenarnya telah beranjak sore, namun kami masih harus ke Museum Satwa. Berbagai macam replika hewan-hewan langka ada disini. Tentu saja ini bisa menambah wawasan anak-anak.

museum satwa jatim park

Deru mesin mobil mengiringi kami meninggalkan Jatim Park 2 menuju Alun-Alun Batu. Lokasinya tak terlalu jauh sehingga sekira 15 menit kami sudah sampai.

Selama 90 menit di tempat ini, kami makan bersama, Shalat Asar berjamaah di Masjid Agung dan membeli oleh-oleh yang dijajakan penjual di sekitar alun-alun. Lalu, tepat pukul 17.30 kami mulai perjalanan pulang.

Semoga kegiatan ini berkesan bagi anak-anakku. Dan simpan kenangan ini ketika kalian telah lulus nanti.