This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Latihan Baris Berbaris di SDN 1 Palaan

baris berbaris

Menjelang lomba baris berbaris tingkat kecamatan, siswa-siswi SDN 1 Palaan giat melakukan persiapan. Latihan dilakukan tiap hari Kamis dan Sabtu, dipandu oleh guru olahraga Bpk. Harianto dan pembina pramuka Kak Asep.

Pada lomba kali ini, sekolah akan mengirimkan 2 regu masing-masing terdiri dari regu putra dan putri.

Lomba baris berbaris merupakan kegiatan rutin yang diadakan tiap tanggal 17 Agustus, dimulai sekitar jam 13.00. Pesertanya adalah seluruh sekolah di Kecamatan Ngajum, baik SD, SMP, dan SMA. Nantinya setelah peserta sampai di finish, siswa-siswi tidak langsung pulang melainkan mengikuti upacara penurunan bendera sang saka.

Nah, apa manfaat mengikuti baris berbaris?

Tentunya kegiatan baris memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Menjadikan Badan Kita Lebih Sehat

Saat melakukan kegiatan LBB, maka secara otomatis semua anggota tubuh kita akan bergerak sehingga peredaran darah pun akan menjadi lancar dan tubuh kita menjadi lebih sehat.

2. Melatih Daya Konsentrasi

Saat kita melaksanakan baris berbaris, tentunya kita wajib berkonsentrasi tinggi terhadap aba-aba yang diberikan oleh seorang danton atau komandan pleton dan juga dari pelatih. Hal ini sangat bermanfaat dalam melatih daya konsentrasi.

3. Melatih Kekompakan

Kegiatan baris berbaris tidak dilakukan satu orang saja, tetapi berkelompok atau ber tim. Apabila ada salah satu anggota yang tidak kompak, maka seluruh barisan akan terlihat jelek. Sehingga dalam baris berbaris siswa dilatih untuk bisa kompak dalam satu regu.

4. Belajar Diam Mendengarkan

Selain konsentrasi penuh kita kita juga harus diam memperhatikan aba-aba dari danton. Kalau tidak, maka bisa jadi satu atau beberapa anggota akan melakukan kesalahan gerakan.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa diambil dari mengikuti kegiatan baris berbaris. Selamat kepada siswa-siswi yang sudah terpilih untuk mewakili sekolah. Semoga ilmu yang diberikan pelatih bisa bermanfaat buat kalian...